|
PEMERINTAH
KOTA TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
UPTD
SANGGAR KEGIATAN BELAJAR
Jalan RE Martadinata Blk. 212 Gang Kudanguyah Utara
No. 4 Tlp. 0265-325525
TASIKMALAYA
|
RENCANA
KERJA TAHUNAN
SPBF
SKB KOTA TASIKMALAYA
TAHUN
2017/2018
A. Layanan Program Kegiatan :
No.
|
Program
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Sumber Dana
|
1.
|
Keaksaraan
|
1.
Membaca
2.
Menulis
3.
Menghitung
|
Masyarakat
|
|
2.
|
Kesetaraan
|
1.
Paket
A Setara
2.
Paket
B Setara
3.
Paket
C Setara
|
Masyarakat dan anak usia sekolah
|
|
3.
|
Paud
|
1.
Kober
Tunas Bangsa
2.
Kober
Istiqomah
|
Anak usia sekolah
|
|
4.
|
Kursus dan pelatihan
|
1.
Menjahit
2.
Tata
rias wajah/pengantin
3.
Tata
rias/potong rambut
4.
Harnir
kue
5.
Baki
lamaran/hantaran
6.
Sablon.
7.
Konveksi
|
Masyarakat
|
Swadaya
|
5.
|
Kebahasaan
|
1.
Bahasa
Inggris
2.
Bahasa
Jepang
3.
Bahasa
Korea
4.
Bahasa
Cina
5.
Bahasa
Arab
|
1.
Lulusan
SMK.
2.
Calon
TKI
|
|
6.
|
Pengembangan SDM
|
1.
Kepamongan.
2.
Manajemen
Paud.
3.
Pembelajaran
Paud.
4.
Pengembanagan
proses belajar
5.
Pengembanagan
media dan bahan ajar.
6.
Penilaian
dan bahan ajar.
7.
Profesionalisme
pengasuh kober.
|
1.
Pamong
Belajar
2.
Pengelola
Kober
3.
Kepala
Kober
4.
Pengasuh
Kober
|
|
7.
|
Pembinaan Lembaga
|
1.
Paud/Kober
2.
PKBM
3.
LPK
4.
Desa
Binaan
|
Lembaga Paud dan Dikmas
|
|
8.
|
Pembinaan keluarga dan masyarakat
|
1.
Pendidikan
Keluarga
2.
Keluarga
Sehat
3.
Bahaya
Narkoba
4.
Kesehatan
Lingkungan.
|
Masyarakat
|
|
9.
|
Kepemudaan dan pemberdayaan perempuan
|
1.
Pendidikan
kebangsaan.
2.
Peranan
Perempuan
3.
Pengembangan
Olah Raga
|
Masyarakat
|
|
10.
|
Pelatihan Kerja
|
1.
Satpam/Sekuriti
2.
Baby
Sister
3.
Kebersihan
4.
Office
Boy
5.
Komputer
6.
Internet.
|
Masyarakat
|
|
11.
|
Kewirausahaan
|
1.
Pembuatan
barang dagangan..
2.
Pendistribusian
3.
Pemasaran
4.
Pengelolaan
keuangan
5.
Koperasi
|
Masyarakat
|
|
12.
|
Literasi
|
Taman
Bacaan Masyarakat
|
Masyarakat
|
|
13.
|
Pengabdian Masyarakat
|
1.
Kegiatan
sosial
2.
Penggulangan
bencana alam
|
Masyarakat
|
|
14.
|
Kemitraan dan Kerjasama
|
Instansi
Terkait
|
1.
Dinas
Pendidikan
2.
Dinas
Indag /UKM
3.
Dinas
Sosial
4.
Disnaker
5.
Dinas
Kesehatan
6.
Kwarcab
|
|
|
|
BUMN
|
1.
PT
Telkom
2.
PT
Pos Indonesia
3.
PT
PLN
|
|
|
|
Perbankan
|
1.
Bank
BJB
2.
Bank
BRI
3.
Bank
BNI
|
|
|
|
Forum
Komunikasi dan Organisasi
|
1.
IGTKI
2.
Himpaudi
3.
Forum
Penilik
4.
MKKS
SMP/SMA/K
5.
Forum
SKB
6.
Forum
LPK
|
|
15.
|
Uji Kompetensi
|
Kursus
dan Pelatihan
|
1.
PKBM
2.
LPK
|
|
B. Tujuan Dan Hasil Yang
Diharapkan Layanan Program Dan Kegiatan :
No.
|
Program
|
Tujuan
|
Hasil Yang Diharapkan
|
Kegiatan
|
1.
|
Keaksaraan
|
Meningkatkan warga belajara dalam membaca, menulis, dan
menghitung dalam rangka meningjatkan kualitas SDM
|
Masyarakat mampu membaca, menulis, dan menghitung
melalui program dikmas menghilangkan buta aksara
|
Bimbingan individu kepada warga belajar dan
masyarakat
|
2.
|
Kesetaraan
|
Menyelenggarakan pendididikan Paket A Setara SD,Paket B
Setara SMP,
Paket C
Setara SMA dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM
|
Masyarakat dan warga belajar dapat melaksanakan
pendidikan kesetaraan sampai memperoleh ijazah/STTB untuk meningkat kualitas
pendidikan dan SDM
|
Pendidikan kesetaraan Paket A, B, C di SKB
|
3.
|
Paud
|
Menyelenggrakan
pendidikan anak usia dini bagi masyarakat
usia sekolah untuk mempersiapkan pendidikan selanjutnya.
|
Memiliki pengetahuan dan keterampilan bagi anak usia
dini untuk mempersiapkan pendidikan selanjutnya
|
Pendidikan Paud/Kober Tunas Bangsa dan Istiqomah di
SKB.
|
4.
|
Kursus dan pelatihan
|
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat dan
warga di bidang menjahit, tata rias wajah/pengantin,
tata
rias/potong rambut.
harnir
kue,
baki
lamaran/hantaran,
sablon,
dan
konveksi
untuk meningkatkan kesejahteraan.
|
Masyarakat
dan warga memiliki keterampilan dan kemampuan di bidang menjahit, tata rias
wajah/pengantin,
tata
rias/potong rambut.
harnir
kue,baki lamaran/hantaran,
sablon,
dan
konveksi untuk meningkatkan kesejahteraan serta
kewirausahaan
|
Kursus dan pelatihan secara swadaya di SKB
|
5.
|
Kebahasaan dan Ketenagakerjaan
|
Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan dalam Bahasa
Inggris,
Bahasa
Jepang,
Bahasa
Korea,
Bahasa
Cina,
Bahasa
Arab sebagai persiapan untuk mencarai lapangan pekerjaan di dalam dan luar
negeri bagi warga belajar dan masyarakat.
|
Memiliki
kemampuan dalam berkokunikasi dalam bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa
Korea, bahasa Cina, dan bahasa Arab dalam bekerja baik di dalam maupun di
luar negeri sebagai TKI
|
Keterampilan
berbahasa melalui program kemitraan bertempat di SKB
|
6.
|
Pengembangan SDM
|
Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan bagi pamong, pengelola dan pengasuh Paud
dalam Kepamongan,
Manajemen
Paud,
Pembelajaran
Paud,
Pengembanagan
proses belajar,
Pengembanagan
media dan bahan ajar,
Penilaian
dan bahan ajar , dan
Profesionalisme
pengasuh kober dalam penyelenggaraan program Paud dan Dikmas.
|
Memiliki
keterampilan dan kompetensi bagi Pamong Belajar,
Pengelola
Kober,
Kepala
Kober,
Pengasuh
Kober dalam manajemen dan pengelolaan Paud dan Dikmas secara professional.
|
Pendidikan
dan pelatihan di SKB melalui dana dari pemerintah, pemerintah daerah, swadaya
masyarakat.
|
7.
|
Pembinaan Lembaga
|
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam
pengelolaan dan manajemen Paud/Kober, PKBM,
LPK, Desa
Binaan secara professional dan optimal dalam pemberdayaan masyarakat.
|
Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam
pengelolaan dan manajemen Paud/Kober, PKBM,
LPK, Desa Binaan secara professional dan optimal
dalam pemberdayaan masyarakat.
|
Bimbingan dan pembinaan melalui SKB sesuai dengan
criteria.
|
8.
|
Pembinaan keluarga dan masyarakat
|
Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan keluarga tentang Pendidikan
Keluarga,
Keluarga
Sehat,
Bahaya
Narkoba,
Kesehatan
Lingkungan dalam kehidupan keluarga yang berkualitas.
|
Memiliki
pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan keluarga tentang Pendidikan
Keluarga,
Keluarga
Sehat,
Bahaya
Narkoba,
Kesehatan Lingkungan dalam kehidupan keluarga yang
berkualitas dan sejahtera berdasarkan iman dan taqwa.
|
Seminar, Lokakarya, dan workshop di SKB
|
9.
|
Kepemudaan dan pemberdayaan perempuan
|
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta
pemahanan tentang Pendidikan kebangsaan,
Peranan
Perempuan,
Pengembangan
Olah Raga bagi gereasi muda dalam meningaktkan wawasan kebangsaan dalam wadah
NKRI
|
Memiliki pengetahuan dan keterampilan serta
pemahanan tentang Pendidikan kebangsaan,
Peranan
Perempuan,
Pengembangan Olah Raga bagi gereasi muda dalam
meningaktkan wawasan kebangsaan sebagai generasi penerus dalam wadah NKRI
|
Bimbingan dan Pelatihan
|
10.
|
Pelatihan Kerja
|
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga dan
masyarakat di bidang Satpam/Sekuriti,
Baby
Sister,
Kebersihan,
Office
Boy,
Komputer,
Internet dalam mengisi lapangan pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan
dan menghilangkan pengangguran serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
|
Memiliki pengetahuan dan keterampilan warga dan
masyarakat di bidang Satpam/Sekuriti,
Baby
Sister,
Kebersihan,
Office
Boy,
Komputer, Internet dalam mengisi lapangan pekerjaan
untuk meningkatkan kesejahteraan dan menghilangkan pengangguran.
|
Pelatihan kerja dengan membangun kemitraan dengan
pihak terkait di SKB.
|
11.
|
Kewirausahaan
|
Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan dalam
Pembuatan
barang dagangan,
Pendistribusian,
Pemasaran,
Pengelolaan
keuangan, dan
Koperasi
untuk menciptakan lapangan pekerjaan dalam meningkatkan kesejahteraan dan
daya beli masyarakat
|
Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan dalam
Pembuatan
barang dagangan,
Pendistribusian,
Pemasaran,
Pengelolaan
keuangan, dan
Koperasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan dalam
meningkatkan kesejahteraan dan daya beli masyarakat
|
Pelatihan kerja dengan membangun kemitraan dengan pihak
terkait di SKB.
|
12.
|
Literasi
|
Meningkatkan
minat baca dan melek huruf bagi warga dan masyarakat melalui membaca dengan
mendirikan Taman Bacaan Masyarakat
|
Peningakatan
inat baca dan melek huruf bagi warga dan masyarakat melalui mebaca
dengan mendirikan taman bacaan masyarakat secara mobile atau keliling.
|
Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat di tempat umum
dan mudah dijangkau seperti Taman Kota, Car Free Day
|
13.
|
Pengabdian Masyarakat
|
Meningkatkan
kepedulian dan rasa empati warga dan masyarakat terhadap Kegiatan social,
Penggulangan
bencana alam secara sukarela dan terpadu dalam kegiatan Paud dan Dikmas.
|
Memiliki kepedulian dan rasa empati warga dan
masyarakat terhadap Kegiatan social,
Penggulangan bencana alam secara sukarela dan
terpadu dalam kegiatan Paud dan Dikmas dengan berkoordinasi pihak terkait.
|
Penanggulangan bencana lama yang berhubungan dengan
kegiatan Paud dan Dikmas.
|
14.
|
Kemitraan dan Kerjasama
|
Menjalin
kerjasama dengan Instansi Terkait dalam program Paud da Dikmas melalui
pemberdayan masyarakat.
|
Terjalinnya
kerjasama dengan Instansi Terkait dalam program Paud da Dikmas melalui
pemberdayan masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan
masyarakat.
|
Bimbingan
dan Pelatihan
|
|
|
Menjalin
kerjasama dengan BUMN dalam program Paud dan Dikmas melalui pemberdayan
masyarakat.
|
Terjalinnya
kerjasama dengan BUMN dalam program Paud da Dikmas melalui pemberdayan
masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
|
Bimbingan
dan Pelathan
|
|
|
Menjalin
kerjasama dengan Perbankan dalam program Paud dan Dikmas melalui pemberdayan
masyarakat.
|
Terjalinnya
kerjasama dengan Perbankan dalam program Paud da Dikmas melalui pemberdayan
masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
|
Bimbingan
dan Pelatihan
|
|
|
Menjalin
kerjasama dengan forum komunikasi dan organisasi dalam program Paud da Dikmas melalui
pemberdayan masyarakat.
|
Terjalinnya
kerjasama forum komunikasi dan organisasi dalam program Paud da Dikmas
melalui pemberdayan masyarakat dalam meningkatkan
kualitas
hidup dan kesejahteraan masyarakat dan kehidupan yang layak.
|
Bimbingan
dan Pelatihan
|
15.
|
Uji Kompetensi
|
Menyelenggarakan
uji kompetensi bagi Kursus dan Pelatihan sesuai criteria dan peraturan yang
berlaku dalam rangka menciptakan tenaga kerja yang trampil dan berkualitas.
|
Terselenggaranya uji kompetensi bagi Kursus dan Pelatihan
sesuai criteria dan peraturan yang berlaku dalam rangka menciptakan tenaga
kerja yang trampil dan berkualitas dan menciptakan peluang kerja.
|
Ujian
|
C. Rencana Kegiatan Berdasarkan
Tupoksi SKB
Kegiatan
Pembelajaran meliputi :
No.
|
Fungsi
|
Perincian
Tugas
|
Kegiatan
|
1.
|
Pembentukan rombongan belajar program Paud dan
Dikmas
|
1.
Melakukan
pendataan/pemetaan kelompok sasaran.
2.
Melakukan
seleksi calon pendidik dan tenaga kependidikan.
3.
Menyiapkan
sarana prasarana pembelajaran.
4.
Melakukan
koordinasi dengan pemangku kepentingan.
5.
Pembentukan
rombongan belajar Paud dan Dikmas.
6.
Menyusun
laporan pembentukan rombongan belajar Paud dan Dikmas.
|
1.
Pemetaan
kelompok sasaran.
2.
Penjaringan
peserta didik.
3.
Pendaftaran
Peserta didik.
4.
Penetapan
Kurikulum.
5.
Penetapan
PTK.
6.
Pengelompokan
rombongan belajar.
|
2.
|
Penyelenggaraan pembelajaran program Paud dan Dikmas
|
1.
Menyiapkan
rencana program pembelajaran (RPP).
2.
Menyiapkan
materi, media, dan peraga pembelajaran.
3.
Melaksanakan
proses pembelajaran.
4.
Melaksanakan
administrasi pembelajaran.
5.
Melaksanakan
motivasi pembelajaran.
|
1.
Penyusunan
Silabus dan RPP.
2.
Penyiapan
Sapras.
3.
Penyusunan
Jadwal.
4.
Pelaksanaan
PBM.
5.
Pemeberian
motivasi pada warga belajar
|
3.
|
Pengembangan kurikulum, bahan ajar, dan media
belajar muatan lokal
|
1.
Menyiapkan
data dan informasi.
2.
Menyusun
draft kurikulum muatan local, bahan ajar pendukung, dan media belajar muatan
local.
3.
Uji
coba draft, analisis, dan revisi.
4.
Pemanfaatan
dan perbaikan secara berkelanjutan.
|
1.
Pemetaan
data dan informasi kegiatan.
2.
Penyusunan
muatan kurikulum dan sumber belajar.
3.
Analisis
kurikulum.
4.
Pemberdayaan
kurikulum.
|
4.
|
Penyelenggaraan evaluasi pembelajaran program Paud
dan Dikmas.
|
1.
Menyusun
butir soal berdasarkan kisi-kisi.
2.
Analisis
butir soal penilaian.
3.
Uji
coba soal penilaian.
4.
Revisi
/perbaikan soal penilaian.
5.
Pelaksanaan
penilaian untuk program yang dilaksanakan SKB dan atau program Paud dan
Dikmas yang diselenggarakan masyarakat.
|
1.
Penyusunan
kisi-kisi dan soal.
2.
Pelaksanaan
evaluasi dan penilaian.
3.
Analisis
evaluasi dan penilaian.
4.
Rencan
Tindak Lanjut.
|
Kegiatan Pembinaan meliputi :
No.
|
Fungsi
|
Perincian
Tugas
|
Kegiatan
|
1.
|
Penyelenggara program percontohan program Paud dan
Dikmas
|
1.
Melakukan
pemetaan mutu program yang diselenggarakan SKB berdasarkan 8 standar nasional
pendidikan (SNP).
2.
Melakukan
perbaikan untuk memenuhi 8 SNP.
3.
Melakukan
verifikasi ketercapaian SNP.
4.
Mengajukan
akreditasi.
|
1.
Pengembangan
Kesetaraan Paket A, B, C.
2.
Pengembangan
Paud/Kober.
3.
Pengembanagan
Paket dan Kober berdasrkan pada 8 SNP
4.
Pengembangan
dan percontohan Paket dan Kober.
5.
Verifikasi
ketercapaian 8 SNP.
6.
Pengajuan
Akreditasi
7.
Pengembangan
percontohan pelaksanaan Kursus dan Pelatihan
|
2.
|
Pembimbing program Paud dan Dikmas di masyarakat.
|
1.
Melakukan
sosialisasi dan koordinasi dengan pengelola satuan pendidikan Paud dan
Dikmas.
2.
Melakukan
kerja sama dengan pemangku kepentingan Paud dan Dikmas.
3.
Memberikan
bimbingan/supervisi dan fasilitasi ke satuan pendidikan.
4.
Melakukan
verifikasi pemecahan masalah pembelajaran.
|
1.
Sosialisasi
program Paud dan Dikmas.
2.
Koordinasi
dengan pengelola Paud dan Dikmas.
3.
Menjalin
kerjasama dengan pihak terkait pelaksanaan program Paud dan Dikmas.
4.
Pembimbingan
dan supervisi pelaksanaan Paud dan Dikmas
5.
Verifikasi
dan pemecahan masalah pelaksanan pembelajaran Paud dan Dikmas
|
3.
|
Penyelenggara desa binaan Paud dan Dikmas.
|
1.
Melakukan
pemetaan/pendataan.
2.
Melakukan
koordinasi dan sinkronisasi dengan dinas social dan desa.
3.
Menyusun
program Paud dan Dikmas sesuai dengan kondisi desa.
4.
Membuat
nota kesepakatan (MOU).
5.
Menyelenggarakan
program bersama masyarakat.
6.
Melakukan
penilaian ketercapaian program.
7.
Menyusun
pelaporan desa binaan.
|
1.
Pemetaan
desa binaan Paud dan Dikmas.
2.
Koordinasi
dengan pihak terkait.
3.
Penyusunan
program Paud dan Dikmas di desa binaan.
4.
Pembuatan
MoU.
5.
Penyelenggaraan
program Paud dan Dikmas di desa binaan bersama masyarakat.
6.
Pelaporan
kegiatan desa binaan.
|
D. Kegiatan Pengabdian Masyarakat
meliputi :
No.
|
Fungsi
|
Perincian Tugas
|
Kegiatan
|
1.
|
Pelaksana
pengabdian masyarakat yang terkait dengan program Paud dan Dikmas.
|
1.
Melakukasn
sosialisasi ke masyarakat tentang program pengabdian Paud dan Dikmas.
2.
Menyiapkan
menu-menu layanan pengabdian.
3.
Membangun
kerja sama dengan lembaga, organisasi, dunia usaha, dinas, dan pemangku
kepentingan.
4.
Melaksanakan
layanan pengabdian masyarakat.
5.
Melakukan
evaluasi dan pelaporan.
|
1.
Sosialisasi
program Paud dan Dikmas.
2.
Persiapan
dan penentuan pelayanan pengabdian.
3.
Menjalin
kerjasama dengan pihak terkait
4.
Peninjauan dan verifikasi bentuk layanan.
5.
Pelaksanaan
pelayanan pengabdian.
6.
Evaluasi
dan pelaporan pelayanan pengabdian..
|
Kegiatan
Manajemen SKB meliputi :
No.
|
Fungsi
|
Perincian Tugas
|
Kegiatan.
|
1.
|
Pelaksana
hubungan kerjasama dengan orang tua peserta didik dan masyarakat.
|
1.
Menyusun
bahan hubungan kerja sama.
2.
Menganalisis
data dan informasi bahan hubungan kerja sama.
3.
Menyusun
konsep bahan pemantauan pelaksanaan hubungan kerja sama.
4.
Mengidentifikasi
masalah hubungan kerja sama.
5.
Merumuskan
konsep saran pemecahan masalah hubungan kerja sama.
6.
Menyiapkan
bahan koordinasi dan sinkronisasi hubungan kerja sama.
7.
Menyusun
konsep proyeksi hubungan kerja sama.
8.
Melakukan
penyajian dan pelayanan masyarakat.
|
1.
Perencanaan
dan penyusunan bahan hubungan kerja sama.
2.
Analisis
data bahan hubungan kerja sama
3.
Penyusunan
konsep bahan hubungan kerja sama.
4.
Identifikasi
masalah hubungan kerjasama.
5.
Penysunan
konsep dan pemecahan masalah hubungan kerja sama.
6.
Koordinasi
hubungan kerjasama.
7.
Proyeksi
konsep kerja sama.
8.
Pelaksanaan
hubungan kerja sama terhadap pelayanan masyarakat.
|
2.
|
Pelaksanan
administrasi Sanggar Kegiatan Belajar.
|
1.
Melaksanakan
urusan kepegawaian.
2.
Melaksanakan
urusan keuangan.
3.
Melaksanakan
urusan sarana prasarana
4.
Melaksanakan
urusan tata laksana.
|
1.
Pelaksanaan
urusan kepegawaian.
2.
Pelaksanaan
urusan keuangan.
3.
Pelaksanaan
urusan sarana prasarana.
4.
Pelaksanaan
urusan tata laksanan.
|
E. Prioritas Pelaksanan Layanan Program Kegiatan
No.
|
Program
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1.
|
Status Alih Fungsi SKB :
|
a.
Penetapan
nomenklatur SKB
b.
Penetapan
Satuan Pendidikan Nonformal.
c.
Pengurusan
NPSN
d.
Penetapan
Kepala SKB sebagai Kepala Satuan Pendidikan Nonformal.
e.
Penetapan
Jabatan Fungsional Tertentu dan Jabatan Fungsional Umum.
f.
Akreditasi
persiapan
|
Dinas
Pendidikan
|
2.
|
Program Kesetaraan Paket A,
PaketB, Paket C :
|
a.
Pemetaan
calon peserta didik.
b.
Pendaftaran.
c.
Pembentukan
rombongan belajar
d.
Pengurusan
NISN.
e.
Penyusunan
Kalender Pendidikan.
f.
Penyusunan
struktur kurikulum
g.
Pembagian
tugas mengajar pamong.
h.
Penyunan
Jadwal Mengajar.
i.
Pengadaan
sarana prasarana
j.
Pelaksanaan
proses pembelajaran.
k.
Pelaksanaan
evaluasi dan penilaian
l.
Pelaporan
pelaksanaan pembelajaran..
m.
Penyusunan
program bantuan.
n.
Akreditasi
o.
Pemodelan
program kesetaraan
|
SKB
|
3.
|
Program Paud/Kober :
|
a.
Pemetaan
calon peserta didik.
b.
Pendaftaran.
c.
Pembentukan
rombongan belajar
d.
Pengurusan
NPSN Kober Tunas Bangsa.
e.
Pengurusan
Penetapan Operasional Kober.
f.
Penyusunan
Kalender Pendidikan.
g.
Penyusunan
struktur kurikulum
h.
Pembagian
tugas mengajar pamong.
i.
Penyunan
Jadwal Mengajar.
j.
Pengadaan
sarana prasarana
k.
Pelaksanaan
proses pembelajaran.
l.
Pelaksanaan
evaluasi dan penilaian
m.
Pelaporan
pelaksanaan pembelajaran..
n.
Penyusunan
program bantuan
o.
Akreditasi
p.
Pengembangan
model Paud/Kober.
|
Kober
Istiqomah dan Kober Tunas Bangsa
|
4.
|
Program Kursus dan Pelatihan :
|
a.
Pemetaan
warga belajar.
b.
Pemetaan
kebutuhan.
c.
Penyusunan
anggaran
d.
Pemetaan
Tutor.
e.
Penyusunan
struktur program
f.
Penyusunan
jadwal kegiatan.
g.
Pelaksanaan
uji kompetensi
h.
Pengadaan
sarana prasaran
i.
Jalinan
kerjasama.
j.
Pelaporan.
k.
Pelaksanaan
TUK
l.
Pusat
Diklat Paud dan Dikmas
|
Layanan Kursus :
a.
Menjahit
b.
Tata
Rias Pengantin
c.
Tata
Rias Rambut
d.
Garnier
Kue
e.
Baki
Hantaran
|
5.
|
Pembinaan :
|
a.
Pemetaan
lembaga binaan.
b.
Penetapan
lembaga binaan.
c.
Identifikasi
dan pengkajian lembaga binaan.
d.
Penyusunan
menu dan layanan pembinaan.
e.
Penyusunan
program kerja lembaga binaan.
f.
Pelaksanan
pembinaan.
g.
Pelaporan.
|
Lembaga Binaan :
a.
Desa
Binaan.
b.
Paud
dan Dikmas.
c.
Himpaudi
d.
Forum
PKB
e.
Forum
LKP.
|
6.
|
Kemitraan :
|
a.
Pemetaan
Lembaga.
b.
Identifikasi
dan kajian kerja sama.
c.
Penyusunan
menu layanan pembinaan.
d.
Penyusunan
MoU.
e.
Pelaksanaan
kerja sama.
f.
Pelaporan.
|
Lembaga dan Instansi :
a.
Instansi
Pemerintah.
b.
Instansi
Swasta.
c.
Forum
Penilik.
d.
Forum
PKBM.
e.
Forum
LKP.
f.
Perbankan.
g.
Dunia
Usaha dan Industri.
|
7.
|
Kebahasaan dan Ketenagakerjaan :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Fokus :
a.
Bahasa
Inggris.
b.
Bahasa
Arab.
|
8.
|
Keaksaraan dan Kewirausahaan :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Fokus :
a.
Desa
Binaan
b.
Keterampilan.
c.
Kewirausahaan
d.
Komputer
|
9.
|
Pelatihan dan Pengembangan
SDM :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Fokus :
a.
Kepamongan.
b.
Manajemen
Paud.
c.
PTK
Paud/Kober.
d.
Satpam/Sekuriti.
e.
Baby
Sister
|
10.
|
Pengabdian Masyarakat :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Fokus :
a.
Bencana
Alam
b.
Kegiatan
Sosial
c.
Program
Paud dan Dikmas.
d.
Masyarakat
terdekat.
|
F. Jadwal Pelaksanan Program Kegiatan :
No.
|
Program
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
1.
|
Umum :
|
a.
Penyusunan
Program Kerja SKB
b.
Penyusunan
Program Kerja Satuan Pendidikan Nonformal.
c.
Penyusunan
RKJM.
d.
Penyusunan
RKT.
e.
Penyusunan
EDS.
f.
Penyusunan
KTSP
g.
Penyusunan
Program Bantuan
|
Januari
– April 2018
|
1.
|
Status Alih Fungsi SKB :
|
a.
Penetapan
Nomenklatur SKB.
b.
Penetapan
SK Satuan Pendidikan Nonformal.
c.
Penetapan
SK Jabatan Fungsional Tertentu.
d.
Penetapan
SK Jabatan Fungsional Umum
e.
Penetapan
NPSN
f.
Akreditasi
persiapan
|
Januari
– Juni 2018
|
2.
|
Program Kesetaraan Paket A,
PaketB, Paket C :
|
a.
Pemetaan
Calon Peserta Dididk.
b.
Pendaftaran.
c.
Pembentukan
Rombongan Belajar.
d.
Proses
Pembelajaran.
e.
Pelaporan.
f.
Pemodelan
pelaksanaan program kesetaraan
|
Januari
– Desember 2018
|
3.
|
Program Paud/Kober :
|
a.
Pemetaan
calon peserta didik.
b.
Pendaftaran.
c.
Pembentukan
rombongan belajar
d.
Pengurusan
NPSN Kober Tunas Bangsa.
e.
Pengurusan
Penetapan Operasional Kober.
f.
Pelaporan.
g.
Pengembangan
pemodelan Paud/Kober
h.
Akreditasi
|
Januari
– Desember 2018
|
4.
|
Program Kursus dan Pelatihan :
|
a.
Pemetaan
warga belajar.
b.
Pemetaan
kebutuhan.
c.
Pemetaan
Tutor.
d.
Penyusunan
struktur program
e.
Penyusunan
jadwal kegiatan
f.
Pelaporan.
g.
Pengembangan
pusat diklat Paud dan Dikmas
h.
Tempat
pelaksanaan TUK
|
Maret –
September 2018
|
5.
|
Pembinaan :
|
a.
Pemetaan
lembaga binaan.
b.
Penetapan
lembaga binaan.
c.
Identifikasi
dan pengkajian lembaga binaan.
d.
Penyusunan
menu dan layanan pembinaan.
e.
Penyusunan
program kerja lembaga binaan.
f.
Pelaksanan
pembinaan.
g.
Pelaporan.
|
Januari
– Desember 2018
|
6.
|
Kemitraan :
|
a.
Pemetaan
Lembaga.
b.
Identifikasi
dan kajian kerja sama.
c.
Penyusunan
menu layanan pembinaan.
d.
Penyusunan
MoU.
e.
Pelaksanaan
kerja sama.
f.
Pelaporan.
|
Januari
– Desember 2018
|
7.
|
Kebahasaan dan Ketenagakerjaan :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Juni – Oktober 2018
|
8.
|
Keaksaraan dan Kewirausahaan :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Juni –
Oktober 2018
|
9.
|
Pelatihan dan Pengembangan
SDM :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Agustus
– Nopember 2018
|
10.
|
Pengabdian Masyarakat :
|
a.
Pemetaan
warga dan sumber daya.
b.
Identifikasi
dan kajian masalah.
c.
Penyusunan
bentuk layanan.
d.
Penyusunan
struktur layanan.
e.
Penyusunan
tingkat kebutuhan.
f.
Pengadaan
sarana prasarana.
g.
Pelaksanaan
layanan kebutuhan.
h.
Evaluasi
dan pelaporan.
|
Januari
– Desember 2018
|
11.
|
Kepegawaian
|
a.
Update
Data Pegawai
b.
Penyusunan
DUK Struktural
c.
Penyusunan
DUK Fungsional
d.
Pengajuan
KGB
e.
Pengajuan
Naik Pangkat
f.
Pengusulan
TPP
|
Januari
– Desember 2108
|
11.
|
Kurikulum
|
a.
Penysunan
Kalender Pendidikan
b.
Penyusunan
Struktur Kurikulum
c.
Pembagian
Tugas KBM
d.
Penyusunan
Jadwal KBM
|
Januari
– Desember 2108
|
12.
|
Kesiswaan
|
a.
Pelaksanaan
PPDB
b.
Pengurusan
NISN
c.
Pengisian
Buku Induk Siswa
d.
Pengisian
Buku Klapper
e.
Pengisian
Buku Mutasi
f.
Kegiatan
Ekstrakurikuler
g.
Lomba
Kegiatan Siswa
|
Januari
– Desember 2108
|
13.
|
Tata Usaha
|
a.
Komputerisasi
b.
Aset
Barang Inventaris
c.
Persuratan
d.
Penyusunan
Program
e.
Pelaporan
|
Januari
– Desember 2108
|
14.
|
Keuangan
|
a.
Penyusunan
RKA
b.
Pengelolaan
Keuangan
c.
Pelaporan
|
Januari
– Desember 2108
|
15.
|
Sarana Prasarana
|
a.
Penyusunan
Pengadaan Barang
b.
Administrasi
Barang
c.
Pelaporan
d.
Pembesan
Lahan
e.
Pembangunan
pusat diklat Paud dan Dikmas
f.
Pengadaan
sapras manajemen SKB
g.
Pengadaan
sapras pembelajaran
h.
Pengadaan
media pembelajaran
i.
Pengadaan
sapras Paud/Kober
|
Januari
– Desember 2108
|
16.
|
Penilaian
|
a.
Penyusunan
Program
b.
Pelaksanaan
Ulangan Harian
c.
Pelaksanaan
Ulangan Akhir Semester
d.
Pelaksanaan
UN/US
e.
Tugas
Mandiri
f.
Tutorial
g.
Pelaporan
|
Januari
– Desember 2108
|
Tasikmalaya, Juni 2017
Kepala
UPTD SKB Kota Tasikmalaya,
YAN SOFYAN, S.Pd.M.Pd.
NIP.
195910281981111003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar